PERTAMA DI DUNIA, INDONESIA TERAPKAN BIODIESEL 30 PERSEN (B30)

PERTAMA DI DUNIA, INDONESIA TERAPKAN BIODIESEL 30 PERSEN (B30)

 

Sobat Energi, hari ini Presiden Republik Indonesia Joko Widodo  (@jokowi) me-launching Program Mandatori B30 (campuran biodiesel 30% dan 70% BBM jenis solar). Program Mandatori B30 ini akan diimplementasikan secara serentak di seluruh Indonesia mulai 1 Januari 2020. Patut digaris bawahi, Indonesia tercatat sebagai negara pertama yang mengimplementasikan B30 di dunia. Keren kan Sobat!

 

Pengimplementasian B30 merupakan wujud usaha Pemerintah mencari sumber-sumber energi baru terbarukan (EBT) dan pemanfaatan Bahan Bakar Nabati (BBN) sebagai salah satu energi alternatif di masa depan. Selain itu, pengembangan EBT juga membuktikan komitmen Pemerintah untuk menjaga bumi, menjaga energi bersih dengan menurunkan emisi gas karbon dan menjaga kualitas lingkungan.

 

Di sisi lain, Program Mandatori B30 ini juga akan mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM. Melalui pengimplementasian B30 ini, dapat menghemat devisa hingga Rp 63 triliun. Peningkatan permintaan domestik terhadap CPO (Crude Palm Oil) juga akan berdampak bagi sekitar 16,5 juta petani kelapa sawit di Indonesia.

 

Bukan perjalanan yang singkat hingga #IndonesiaSudahB30 saat ini. Terhitung dari 2008, program mandatori biodiesel mulai diimplementasikan. Secara bertahap campuran biodiesel sebesar 2,5% hingga saat ini mencapai B30 berhasil dilakukan. Upaya pemanfaatan energi baru terbarukan bagi ketahanan energi nasional akan terus dilaksanakan.

 

Pada tahun 2019, dilakukan uji Jalan B30 untuk kendaraan dengan kapasitas <3,5 ton dan >3,5 ton dilaksanakan selama bulan Mei - November 2019 dengan melibatkan Kementerian ESDM, BPDPKS, BPPT, PT Pertamina (Persero), APROBI, GAIKINDO, dan IKABI.

 

Yuk Sobat, dukung terus upaya Pemerintah dalam mewujudkan ketahanan energi nasional dan energi bersih dengan memanfaatkan sumber energi baru terbarukan.

 

#IndonesiaSudahB30

#IndonesiaMaju

#EnergiBerkeadilan


Bagikan artikel ini