Camat Balaraja Somasi Media Buser Investigasi

Tigaraksa – Camat Balaraja memberikan somasi kepada Media Buser Investigasi terkait pemberitaan mediabuser.com dengan judul “Sorotan Publik Keterlibatan Oknum Camat Balaraja Melanggar Perda No.8 tahun 2015. Terbukti 60 Lapak Berdiri di Pasar Sentiong, Di depan PD Pasar Sentiong”.

Pemberian somasi tersebut terkait pemberitaan yang tidak mendasar karena tidak mengedepankan nilai keberimbangan (cover both side), menyudutkan Camat Balaraja, serta merugikan pihak Pemerintah Kecamatan Balaraja.

Pelayangan somasi berdasarkan Peraturan Bupati No.113 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Kecamatan Dan Kelurahan Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang.

a. Pasal 11 Ayat 3 huruf e (mengevaluasi pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat dan menginventarisasi permasalahan di lingkup tugasnya).

b. Pasal 11 Ayat 3 huruf f (membuat laporan pelaksanaan kegiatan yang terkait dengan ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat).

Sedangkan untuk penertiban PKL disekitar Pasar Sentiong, merupakan kewenangan dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tangerang. Sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Bupati Tangerang Nomor 99 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi, Serta Tata Kerja Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tangerang Pasal 16 Ayat 4 huruf b.

Terkait hal tersebut, pihak Kecamatan Balaraja menyampaikan tuntutannya dalam surat Nomor 480/311/IX/Blj/2020, bahwa :

1. Agar pihak pimpinan Redaksi Buser Investigasi memberikan klarifikasi terkait pemberitaan tersebut secara professional di media yang bersangkutan.

2. Memohon maaf kepada Camat Balaraja secara tertulis di media cetak atau online lain, dan melakukan koreksi.

3. Dan tidak lagi melakukan pemberitaan yang bohong (Hoax), dan menjaga kode etik jurnalistik secara profesional di wilayah Kabupaten Tangerang.

(Mg/Sekcam Kec.Balaraja).


Bagikan artikel ini