PEMKAB TANGERANG PERINGATI HARI KUSTA SE-DUNIA KE 64 TINGKAT KABUPATEN TANGERANG

Tigaraksa - Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang menggelar acara peringatan Hari Kusta Se-Dunia Ke-64 Tingkat Kabupaten Tangerang yang dilaksanakan di GSG Pusat Pemerintah Kabupaten Tangerang. Rabu (01/02/2017).

 

Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar menyampaikan sambutannya penyakit kusta merupakan salah satu penyakit menular yang menimbulkan masalah yang sangat kompleks. Masalah yang dimaksud bukan hanya berdampak dari segi medis, tetapi juga meluas sampai kepada masalah sosial, ekonomi, budaya, keamanan, dan ketahanan nasional. Mengingat kompleksnya masalah penyakit ini, maka dirasa perlu dilakukan program pengendalian secara terpadu dengan berbagai program dan lintas sektor terkait dalam pemberantasan penyakit kusta. 

 

Mengingat dampak yang diberikan akibat tingginya kasus penyakit kusta ini, tentunya akan memberikan pengaruh yang signifikan kepada kita semua, bukan saja dari segi medis, tetapi juga akan berdampak diberbagai lintas sektor yang pada akhirnya dapat menghambat proses pembangunan yang saat ini dilakukan oleh Pemerintah Daerah. 

 

"Saya ingin mengajak untuk bersama-sama kita mengatasi permasalahan penyakit kusta yang saat ini berkembangan diwilayah Kabupaten Tangerang dengan maksimal, Karena permasalahan kesehatan ini tentunya tidak dapat terselesaikan dengan baik jika hanya dilakukan oleh Pemerintah Daerah semata, tetapi juga diperlukan dukungan serta kerjasama yang baik oleh masyarakat maupun stakeholder kesehatan Pemerintah Daerah guna mengatasi permasalahan kesehatan ini," Ucapnya.

 

Pembina Yayasan Dharmais Siti Hardijanti Rukmana mengatakan kusta merupakan penyakit menular menahun dan disebabkan oleh kuman kusta yang menyerang saraf tepi, kulit dan jaringan tubuh lainnya kecuali susunan saraf pusat. Penyakit ini salah satu dari delapan penyakit terabaikan atau Neglected Tropical Disease (NTD) yang masih ada di Indonesia, tentu saja dengan penggunaan air bersih dan sanitasi yang baik akan sangat membantu penurunan angka kejad8an penyakit NTD.

 

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan beban penyakit kusta yang tinggi, namun saat ini masih ada 14 Provinsi yang mempunyai beban tinggi salah satunya Provinsi Banten.

 

"Dengan terselenggaranya peringatan Hari Kusta sedunia yang Ke-64 Tingkat Kabupaten Tangerang ini, semoga kita semua bisa menurunkan angka kecacatan pada penderita kusta agar produktivitas penderita tetap optimal," Ujarnya.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Desiriana Dinardianti mengatakan pada Tahun 2015 ditemukan angka penemuan kasus baru sebanyak 397 kasus dengan kasus terbanyak ada di Kecamatan Kedaung Barat dan Sepatan, sedangkan pada Tahun 2016 ditemukan angka kasus baru sebesar 398 kasus. Maka untuk menanggulangi masalah kusta dan penyakit tidak menular di Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang bersama dengan yayasan Dharmais melakukan perjanjian kerjasama (MoU). Perjanjian tersebut bertujuan meningkatkan penemuan penderita secara dini, koordinasi kegiatan dalam penemuan, penanganan maupun pengobatan kasus kusta dengan baik dan benar.

 

Adapun kegiatan kerjasama penanggulangan kusta bersama yayasan Dharmais yang akan dilaksanakan diantaranya :

1. Sosialiasasi kasus kusta pada stakeholder, tokoh agama serta masyarakat.

2. Pencarian kasus baru di 30 Desa yang tersebar di 10 puskesmas dengan kriteria wilayah yang memiliki kasus kusta.

3. Talk show penemuan dini kasus kusta untuk pencegahan kecatatan pada penderita.

 

"Diharapkan melalui kegiatan ini dapat menemukan penderita secara dini tidak ada cacat dan tidak ada stigma, serta membentuk masyarakat untuk memahami deteksi dini kusta dan berpartisipasi sebagai agen penanggulangan kusta di Masyarakat," Ucapnya.

 

Peserta pertemuan kegiatan ini yaitu stakeholder terkait (Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Yayasan Dharmais), Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tangerang, Rumah Sakit yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang, 29 Kecamatan, 44 Puskesmas, Petugas Kusta Puskesmas Se-Kabupaten Tangerang, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta Kader Kesehatan. (Vicco-Sukma/Diskominfo).


Bagikan artikel ini