Puskesmas Pasir Nangka Gelar Tes Kebugaran Bagi 35 JCH

PETUGAS Kesehatan Puskesmas Pasir Nangka di wilayah Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, bekerjasama Pondok Pasantren (Ponpes) Tarbiyatul Mubtadin mengadakan kegiatan Tes Kebugaran bagi 35 jemaah calon haji (JCH).

Kegiatan berlangsung Sabtu (18/1/2020) ini menjadi salah-satu elemen mendasar dalam merumuskan  ketahanan dan kekuatan fisik para JCH sebelum berangkat ke tanah suci.

Kepala Puskesmas Pasir Nangka, dr Herlin, menjelaskan tes kebugaran untuk JCH sangat penting agar dapat mengetahui kondisi fisik mereka.

“Ini dilakukan mengingat ibadah haji, selain ibadah keimanan, juga ibadah yang membutuhkan ketahanan dan kekuatan fisik,” katanya.

Dalam kegiatan tes kebugaran, para JCH mengikuti rockport (jalan secepat mungkin) sejauh 1.600 meter. Aktifitas ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja jantung, paru-paru, kemampuan otot, dan persendian.

Lebih lanjut disampaikan dr Herlin, dalam kegiatan inipun para JCH mengikuti tes tekanan darah dan mendapat pengarahan kesehatan agar tetap sehat serta bugar saat menjalankan ibadah di tanah suci.


Bagikan artikel ini