Sekda Rudy Targetkan Kabupaten Tangerang Juara Umum MTQ Provinsi Banten 2021

Kelapa Dua -- Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid menutup Rapat Kerja (Raker) LPTQ Kabupaten Tangerang Periode 2020 s/d 2025 di Hotel Lemo, Karawaci Kabupaten Tangerang pada Jumat (6/3/2020).

"LPTQ merupakan lembaga di luar pemerintah tetapi tidak bisa dipisahkan dengan Majelis Ulama Indonesia dan pemerintah. Karena itu program yang dihasilkan dari Raker LPTQ ini harus sejalan dengan visi misi Pemkab Tangerang selama lima tahun ke depan," kata Sekda Mochamad Maesyal Rasyid di hadapan peserta Raker LPTQ Kabupaten Tangerang.

Masih kata Sekda, program LPTQ yang paling terdekat adalah mensukseskan MTQ Banten ke-17 yang akan dilaksanakan di Kota Tangerang Selatan tanggal 23 Maret 2020.

"Diharapkan kepada LPTQ sebagai lembaga yang dipercayakan oleh Pemkab Tangerang untuk berpartisipasi dan menampilkan yang terbaik pada MTQ Provinsi Banten ke-17 di Tangsel'" ujar Sekda yang biasa di panggil Rudy.

Rudy yang pernah menjabat Camat Kosambi dan Camat Curug ini menyarankan kepada pengurus LPTQ Kabupaten Tangerang agar mempersiapkan diri untuk penyelenggaraan MTQ Provinsi Banten tahun berikutnya, karena pada tahun 2021 kita akan menjadi tuan rumah.

"Kita punya target MTQ Tingkat Provinsi Banten pada tahun 2021 yaitu meraih juara umum. Karena itu mari kita siapkan dari sekarang untuk melakukan pembinaan kepada Qori/Qoriah kita dan lainnya. Kita sukseskan penyelenggaraan dan sukses prestasi," tegas Rudy yang disambut tepuk tangan oleh peserta. 

Sekretaris Umum LPTQ Kabupaten Tangerang, Drs. H. Hariri menyampaikan ada beberapa program yang akan dilaksanakan pengurus LPTQ periode 2020 s/d 2025 yaitu :

  • Bidang organisasi kelembagaan dan program kerja meliputi yaitu : 
  1. Pendidikan dan Pelatihan : melakukan pengkaderan dengan pembinaan dari bawah, membentuk sentra-sentra pembinaan LPTQ kecamatan, pondok pesantren, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah, melakukan penunjukan pesantren dan madrasah potensial, Pembinaan Tilawah Anak-anak, Remaja, Dewasa, Murotal, Sab'ah, Murotal, dan Qiro'at Sabah di 5 zona kecamatan (Pasar Kemis, Cikupa, Legok, Mekar Baru dan Teluknaga), pembinaan Tahfidz Quran di masing-masing pesantren tahfidz yang berada di Kabupaten Tangerang, pembinaan tafsir Qira'tul kutup dan hifzdil hadist di pesantren-pesantren yang disepakati serta pembinaan kaligrafi di 5 zona kecamatan.
  2. Pembinaan dan Pengembangan : melakukan seleksi dan pembinaan bagi calon peserta potensial hasil pelaksanaan MTQ ke-50 yang akan menjadi duta Kabupaten Tangerang pada MTQ ke-17 tingkat Provinsi Banten tahun 2020 di Kota Tangsel, melaksanakan MTQ ke-51 tingkat Kabupaten Tangerang di Kecamatan Kronjo yang akan menjadi duta Kabupaten Tangerang pada MTQ ke-18 tingkat Provinsi Banten tahun 2021 di Kabupaten Tangerang.
  3. Sarana prasarana publikasi dan dokumentasi, yaitu pengadaan software E-MTQ , E-Maqro dan E-Penilaian, mempublikasikan penampilan peserta terbaik MTQ Kabupaten Tangerang melalui Youtube, pembuatan spanduk dan banner/billboard di tempat-tempat strategis pada saat akan dilaksanakan MTQ baik tingkat Kabupaten dan Provinsi, mendokumentasikan seluruh kegiatan MTQ dan membangun wisma/asrama LPTQ Kabupaten Tangerang untuk menginap ketika pembinaan.
  4. Bidang Perhakiman yaitu menyelenggarakan rekrutmen calon-calon dewan hakim untuk MTQ tingkat desa, kecamatan dan kabupaten, penguatan kompetensi dewan hakim MTQ Kabupaten Tangerang melalui pelatihan dan mengikutsertakan dewan hakim pada kegiatan sertifikasi terbatas calon-calon dewan hakim tingkat Kabupaten Tangerang pada LPTQ tingkat Provinsi Banten. (Abdul Munir Kabid IKP Diskominfo Kabupaten Tangerang).


Bagikan artikel ini