Selain Imunisasi, Puskesmas Mauk Gelar BIAS Sambil Periksa Kesehatan Murid

PARA Petugas Puskesmas Mauk sejak awal Agustus 2020 sudah disibukan dengan melaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SD/MI yang ada di wilayah kerjanya.

Data dari puskesmas, sampai pekan ketiga Agustus sudah separuh dari 39 SD/MI murid-muridnya telah mendapatkan imunisasi. Pelaksanaan BIAS sendiri berjalan baik dan lancar karena mendapat dukungan pihak sekolah dan para orangtua murid.

Kepala Puskesmas Mauk, dr Taufit Wirawan, kemarin, mengutarakan Imunisasi MR yang diberikan dikhususkan untuk murid kelas 1 SD/MI.

Dijelaskan dalam pelaksanaan lapangan, selain memberi Imunisasi MR, para petugas puskesmas juga melakukan pemeriksaan kesehatan dan kebersihan tubuh para murid, semisal mendata tinggi-badan dan berat badan, memeriksa pula kebersihan tangan dan kuku, kesehatan mata, gigi dan mulut.

"Semua pelaksanaan di masa Pandemi Covid-19 dilakukan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19," katanya.

Pelaksaan BIAS bertujuan untuk membekali kekebalan kepada para murid sekolah agar terhindar dari Penyakit Campak dan Virus Rubella. Bila dalam pemeriksaan kesehatan, ada murid yang mengalami kelainan pada kesehatannya, maka petugas akan menindak-lanjuti dengan merujuknya ke puskesmas, ucap dr Taufit Wirawan. 


Bagikan artikel ini