Ratusan Pelajar Putri Sudah Diberi TTD Oleh Puskesmas Tigaraksa

PUSKESMAS Tigaraksa menggelar kegiatan serempak pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) bagi pelajar putri di SMA dan SMK di wilayah kerja mereka.

Pelaksanaan yang berjalan lancar dan tertib ini pada Selasa (3/3/2020) bagi 400-an pelajar putri di MAN 1 Kabupaten Tangerang, SMKN 4 Kabupaten Tangerang, SMAIT Ruhul Jadid, SMK Nurul Muttaqien, SMA PGRI 58, dan SMA Al Husna.

Kepala Puskesmas Tigaraksa, drg Hj Eko Hartati MARS, menjelaskan kegiatan TTD ini dilaksanakan serempak dengan waktu yang bersamaan. Para petugas dibagi tugas dan mendapat bantuan para guru UKS, sehingga berjalan lancar dan tertib.

Diakui sampai saat ini memang masih banyak remaja putri yang mengabaikan pentingnya menghindari anemia dengan berragam alasan, di antaranya diet berlebihan. Sebab itu, mereka perlu mendapat tambahan darah dengan meminum tablet tambah darah.

“Ini penting bagi mereka untuk menghindari anemia,” katanya. Aktfitas ini perlu mengingat remaja putri mengalami menstruasi sehingga perlu meminum tablet tambah darah seminggu sekali untuk membantu kebugaran tubuh.

Anemia sendiri bila menjangkiti remaja putri maka akan membuat tubuh menjadi lesu dan tidak bersemangat. Bila kondisi ini dibiarkan yang lalu berlanjut sampai mereka menikah dan hamil, maka bisa menyebabkan bayi yang dilahirkannya mengalami stunting.

“Untuk itu, sangat diharapkan kepada para remaja putri dan pelajar putri untuk bisa mencegah anemia mulai  dari sekarang dengan cara minum tablet tambah darah seminggu sekali jangan sampai putus,” pungkas drg Hj Eko Hartati MARS.


Bagikan artikel ini