Meriah Pergelaran Lomba Balita Sehat Pagedangan

PAGEDANGAN – Memberikan rangsangan agar para orangtua balita rutin datang ke posyandu memantau tumbuh-kembang anaknya dengan baik, Puskesmas Pagedangan bekerjasama PKK Kecamatan Pagedangan menggelar Lomba Balita Sehat Tingkat Kecamatan Pagedangan.

Acara berlangsung di Aula Puskesmas Pagedangan, Jumat (11/5/2018), berlangsung meriah dengan diikuti 22 balita dari 11 desa yang ada di Kecamatan Pagedangan. Mereka mengikuti lomba dalam dua kategori, yaitu Lomba Balita Sehat Usia 6-23 bulan dan Lomba Balita Sehat Usia 24-59 bulan.

Setelah mengikuti proses penilaian yang selektif, akhirnya terpilih para juara. Untuk Lomba Balita Sehat Usia 6-23 Bulan: Juara I Vanesa Godrin Aqwam dari Desa Jatake, Juara II Azkiya Kalila Audrian dari Desa Karang Nengah, dan Juara III Dario Alen Zeroun dari Desa Lengkong Kulon.

Sementara juara untuk Lomba Balita Sehat Usia 24-59 Bulan: Juara I Bagas Dwi Caksono dari Desa Malang Nengah, Juara II  Avif Al-Haeri dari Desa Cihuni, dan Juara III Muhammad Nur Faizal dari Desa Cijantra.

Hj Wirahayu SKM MKM, Kepala Puskesmas Pagedangan, mengutarakan sebenarnya pendanaan kegiatan lomba ini tidak disediakan pemerintah. Namun atas inisiatif PKK Kecamatan Pagedangan dan Puskesmas Pagedangan lomba ini bisa digelar.

“Tujuannya untuk memberikan rangsangan kepada para orangtua balita mau belajar merawat anak yang baik dan benar,” katanya. Serta mereka pun mau secara rutin memeriksakan tumbuh-kembang anaknya ke posyandu-posyandu yang ada.

Selanjutnya, papar Hj Wirahayu SKM MKM,  dua balita yang menjadi juara satu akan dijadikan balita duta Kecamatan Pagedangan untuk mengikuti Lomba Balita Sehat Tingkat Kabupaten Tangerang.

“Langkah berikutnya, orangtua balita pemenang lomba akan diberikan pembinaan seminggu dua kali,” ungkap Kepala Puskesmas Pagedangan. Materi yang diberikan bagi orangtua balita mulai pengetahuan umum sampai pengetahuan kesehatan dan menjaga balita yang baik dan benar.

Sementara untuk balitanya akan diberi perhatian khusus terkait kebersihan diri, kesehatan dan pola makan terbaiknya, sehingga menjadi balita yang sehat dan cerdas.

sumber  : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini