Puskesmas Pakuhaji Gelar Stimulan & Bangun Jamban Sehat di 5 Desa

PAKUHAJI - Puskesmas Pakuhaji melakukan kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dengan memberikan stimulan pembangunan jamban sehat kepada warga di 5 desa di Kecamatan Pakuhaji.

Dikatakan dr Netty Mawarti, Kepala Puskesmas Pakuhaji, Jumat (9/11/2018), stimulan diberikan berupa pembangunan jamban sehat di rumah warga yang terkategori kurang mampu dan mau dibangunkan jamban sehat di rumahnya. "Kami berikan stimulan dengan harapan warga mau dan tergerak menggunakan jamban sehat di rumahnya masing-masing."

Stimulan pembangunan dari Puskesmas Pakuhaji pun disambut baik warga dengan swadaya masyarakat sehingga dapat terbangun jamban sehat yang dilengkapi dengan tangki septik.

Sebelumnya telah dilakukan kegiatan pembinaan dan pemicuan mengenai STBM kepada warga di 7 desa di Kecamatan Pakuhaji, namun hanya warga di 5 desa yang mau membangun jamban sehat.

Terdata yang mendapat stimulan yaitu di Desa Gaga dibangun 3 jamban, Desa Bonisari 8 jamban, Desa Rawaboni 6 jamban, Desa Kiara Payung 3 jamban, dan Kelurahan Pakuhaji 2 jamban.

"Di wilayah kerja kami memang masih banyak yang belum memiliki jamban sehat di rumahnya. Untuk itu pembinaan terus kami lakukan secara berkelanjutan," tambah dr Netty.

Lebih lanjut diungkapkannya, pihak Kecamatan Pakuhaji pun sangat mendukung kegiatan ini. "Kami dari Puskesmas Pakuhaji dan Kecamatan Pakuhaji berkomitmen ingin membentuk satu wilayah RT yang bebas BABS," ungkapnya.

sumber : dinkes.tangerangkab.go.id


Bagikan artikel ini