Diskominfo Kabupaten Tangerang Gelar Evaluasi Pelaksanaan SPBE

Tangerang,-- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang (Diskominfo) gelar rapat monitoring dan evaluasi Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di seluruh instansi di Kabupaten Tangerang.

Rapat tersebut dilaksanakan di ruang Wareng lantai 3 Gedung Bupati Tangerang Jl. H Soma Winata No. 1 Tigaraksa, Kamis yang lalu (27/8/20)

Sesuai Perpres No 95/2018 mengenai PSBE, Pemerintah Kabupaten Tangerang mencoba untuk mewujudkan tatakelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya dengan mengeluarkan hasil monitoring dan evaluasi PSBE yang dilakukan Diskominfo.

PermenPANRB No.25 tahun 2020 menitik beratkan World Class Bureaucracy dengan pelayanan publik yang berkualitas dan pemerintahan yang efektif-efesien sehingga output yang di hasilkan berupa mewujudkan pemerintahan kelas dunia baik dari pusat mapun daerah. 

Sesuai indeks SPBE Nasional ada kenaikan 0,20% penerapan PSBE di Pemda di tahun 2019, untuk saat ini dari hasil yang dikeluarkan tercatat ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan PSBE di seluruh OPD, yakni adanya keragaman data dan sudut pandangan terhadap data serta masih menggunaka teknik manual proses untuk melakukan integrasi dan sumber daya manusia.

Dalam hal ini Diskominfo merupakan salah satu OPD yang mempunyai tugas pokok dan kewajiban untuk dapat mewujudkan penerapan SPBE secara menyeluruh di semua instansi.

Pada pelaksanaan proses transformasi digital tugas dan fungsi Diskominfo Kabupaten Tangerang tidak lain melakukan transformasi proses bisni utama, tranformasi digital pada bidang administrasi pemerintahan dan tranformasi digital pada bidang pelayanan publik.

Selanjutnya, dengan adanya monitoring evaluasi ini diharapkan menjadi gambaran untuk langkah gerak kedepan OPD lingkup Kabupaten Tangerang dalam pelaksanaan PSBE.

Kepala Dinas Diskominfo Tini Wartini mengatakan “Monitoring dan Evaluasi SPBE ini merupakan proses pendataan dan penilaian terhadap pelaksanaan PSBE di OPD lingkup pemerintah Kabupaten Tangerang.

"Dalam tugas dan fungsi Diskominfo untuk menghasilkan suatu gambaran tentang pengelolaan SPBE dari segi pengembangan dan kehandalan teknologi informasi dan komunikasi di lingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang” ujar Tini.

(Harikal/IKP Diskominfo Kabupaten Tangerang).


Bagikan artikel ini