100 Perempuan Kresek Disuluh & Diperiksa Dini Kanker Serviks

KRESEK – Sedikitnya 100 perempuan dari 9 desa di Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, bersyukur karena diberi kesempatan memeriksakan kesehatan dirinya dari kemungkinan terjangkit Kanker Serviks.

Pemeriksaaan Kanker Serviks dengan metoda Pemeriksaan IVA Pap Smear dilakukan petugas Puskesmas Kresek bekerjasama Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK UPH) Lippo Karawaci di puskesmas itu pada Sabtu (27/1/2018).

Dalam pemeriksaan ini, bila ada yang dinyatakan positif maka akan dapat ditangani langsung, bahkan bila diangpap perlu dapat dirujuk ke RSUD Balaraja.

Kepala Puskesmas Kresek, drg Truly Kartikawatie, mengucapakan terima-kasih kepada jajaran FK UPH dan Camat Kresek yang membantu kesuksesan program ini karena kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan kaum perempuan di Kecamatan Kresek.

Selain itu dengan kegiatan inipun masyarakat menjadi bertambah pengetahuannya tentang Kanker Serviks karena ke-100 perempuan itupun mendapat penyuluhan tentang Kanker Serviks. Tentu saja, kini mereka menjadi memahami tata-cara pencegahan dan pengobatan Kanker Serviks.

“Saya mengajak masyarakat untuk selalu hidup sehat…” kata drg Truly Kartikawatie. Sebab itu, pihaknya pun mengajak masyarakat mau  menjadi kader kesehatan di wilayahnya. Untuk itu, pengetahuan yang telah disampaikan dalam sosialisasi Kanker Serviks bisa disampaikan kembali kepada perempuan lainnya.

Bahkan bila ada saudara, handai-taulan, atau tetangga, yang mengeluh tentang kelainan alat reproduksinya agar segera dibawa ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaannya. “Diteksi dini Kanker serviks akan memudahkan pengobatannya,” kata drg Truly Kartikawatie.

Sementara CR Inton, Camat Kresek, menyampaikan rasa senang masyarakatnya bisa mendapat pemeriksaan Kanker Serviks, bahkan mendapat pula pengetahuan tentang pencegahannya. “Kanker yang menjangkit seorang wanita boleh dikatakan penyakit yang  bisa menyebabkan kematian.”

Diharapkannya masyarakat Kresek selanjutnya bisa lebih menjaga kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungannya. Kecamatan Kresek siap mendukung setiap program kesehatan yang dilaksanakan masyarakat.

Keterangan diperoleh, Puskesmas Kresek bersama FK UPH telah 2 kali  menggelar kegitan ini. Kegiatan pertama dilaksanakan Desember 2017 dengan aktivitas Penyuluhan Kanker Payudara dan deteksi dini Kanker Payudara bagi 50 perempuan.


Bagikan artikel ini