Posbindu Lansia Kenanga Caringan Dikunjungi Tim Penilai Daerah

POS Pembinaan Terpadu Lanjut Usia (Posbindu Lansia) Kenanga di RT 05/RW 01, Kampung Jengkol, Desa Caringin, Kecamatan Legok, di bawah binaan Puskesmas Caringin mendapat kunjungan Tim Pembina dan Penilai Posbindu Tingkat Kabupaten Tangerang.

Tim yang datang Kamis (19/9/2019) menilai posbindu ini sebagai salah-satu contoh keberhasilan usaha pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan kesehatan terpadu kepada masyarakat lansia untuk dapat mencegah terkena penyakit tidak menular.

Pemegang Program Posbindu pada Puskesmas Caringin, dr Resvina, mengakui di posbindu ini telah dilaksanakan kegiatan pembinaan dan pemeriksaan kesehatan para lansia yang dilaksanakan di setiap bulannya.

“Kegiatan ini sebagai salah-satu program rutin pihak puskesmas pada posbindu-posbindu lainnya di desa-desa binaan,” ungkapnya.

Para kader kesehatan di posbindu sendiri, kata dia, sudah mendapat pembinaan dari pihak puskesmas untuk bekerja secara terprogram sesuai aturan kinerja yang memudahkan.

Misalnya, wajib disediakan meja pertama sebagai pendaftaran, lalu meja kedua, meja ketiga, meja keempat dan meja kelima, sebagai meja untuk menimbang berat-badan, tinggi-badan, lingkar-badan, mengukur tekanan darah, memeriksa kadar kolestrol, memeriksa kadar Adam-urat dan kadar gula darah (diabet).

Selanjutnya perlu melakukan pendataan kelengkapan administrasi dan dokumentasi dari setiap kegiatan, ucapnya.

Sementara dr Secunda Suswanti, Kepala Puskesmas Caringin, menjelaskan untuk kegiatan Posbindu Lansia di setiap bulannya pihaknya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan lansia di setiap posbindu di desa-desa binaan.

Ini dilakukan baik pada lansia yang datang ke posbindu maupun kepada lansia yang tidak datang karena alasan sakit dengan petugas bersama tim akan melakukan kunjungan ke rumah lansia tersebut untuk melakukan pemeriksaannya.

“Bila dari hasil kunjungan itu didapat lansia tersebut harus mendapat perawatan, maka kami akan memberikan surat rujukan perawatannya,” kata dr Secunda Suswanti.

Diharapkan dengan adanya penilaian dari tim Pemkab Tangerang,  para pengelola Posbindu Lansia yang ada bisa lebih bersemangat lagi melakukan pembinaan dan pemeriksaan kesehatan kepada para lansia binaannya, ucapnya.


Bagikan artikel ini