Puskesmas Caringin Telah Tangani 44 ODGJ yang Tersembuhkan

KERJA-sama Petugas Puskesmas Caringin dengan kader kesehatan dan masyarakat dalam menangani Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang membuahkan hasil positif.

Berdasar catatan, sampai saat ini sudah 44 ODGJ yang ada di wilayah binaan Puskesmas Caringan yang berlokasi di Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, tertangani dengan baik.

Semua ODGJ yang ditangani itu, kini sudah bisa melakukan aktifitas sendiri, bekerja dan bertani, tutur dr Secunda Suswanti, Kepala Puskesmas Caringin, Kamis (16/1/2020).

Meskipun begitu, cetusnya, pihak puskesmas terus melakukan pengawasan kepada para ODGJ. Di antaranya menganjurkan agar pasien terus meminum obat karena orang yang sudah terkena gangguan jiwa belum bisa dinyatakan tersembuhkan secara total.

“Sewaktu-waktu, bila ada tekanan berat dalam pikiran dan hatinya, bisa saja kembali stres. Maka itu, mereka dianjurkan untuk tetap meminum obat dan melakukan pemeriksa kesehatan jiwanya,” ucap dr Secunda Suswanti.

Diakui belum lama ini ada pasien lama yang sudah dinyatakan sembuh, disebabkan diri pasien dan keluarganya tidak mengontrol kondisi kejiwaannya lagi, akhirnya sempat kambuh lagi di akhir Desember lalu dan beberapa pekan setelahnya.

Petugas yang mendapat laporan segera datang dan memberikan obat, baru si pasien tenang kembali. Sebab itu, akhirnya di pasien dirawat kembali di RSJ Grogol.

Disampaikan dr Secunda Suswanti, ini dapat dijadikan contoh oleh keluarga pasien dan pasien agar dapat memperhatikan konsumsi obat serta rajin berkonsultasi ke dokter di puskesmas.


Bagikan artikel ini