Tahun 2020 Sebanyak 12 Puskesmas Stratanya Direakreditasi

TIM Survai Reakreditasi Puskesmas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang terus melakukan workshop untuk meningkatkan strata sejumlah puskesmas satu tingkat lebih tinggi.

Untuk tahun ini, ditargetkan 12 puskesmas akan dinaikan satu tingkat stratanya. Di antaranya puskesmas yang sudah mendapat nilai berstrata dasar akan dijadikan berstrata madya, lalu puskesmas berstrata madya akan dijadikan berstrata utama, dan puskesmas yang nilai dasarnya berstrata utama akan dijadikan berstrata paripurna.

Sugiyanto SKM MKM, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer pada Bidang Pelayanan Masyarakat di Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Kamis (16/1/2020), menjelaskan pelaksanaan reakreditasi ini memang selalu dilaksanakan di setiap 3 tahun sekali.

Di wilayah Kabupaten Tangerang sebanyak 44 puskesmas yang ada sudah terakreditasi, namun akan kembali dinilai akreditasinya sebagai bagian upaya peningkatan stratanya ke arah lebih baik lagi.

“Sekarang kita melaksanakan reakreditasi bagi 12 puskesmas yang ditargetkan di tahun 2020,” katanya. Terinci,  2 puskesmas saat ini berstatus dasar akan dinaikan satu tingkat menjadi madya, 8 puskesmas berstatus madya juga akan dinaikan satu tingkat menjadi utama, dan 2 puskesmas berstatus utama akan dinaikan menjadi paripurna.

“Untuk suksesnya kenaikan strata ini, sangat diharapkan kepala puskesmas bersama tim kesehatannya bisa meningkatkan kinerjanya,” harap Sugiyanto SKM MKM.

Karena hasil akreditasi ini akan dapat menentukan kapitasi yang diberikan ke puskesmas, mulai dari penyediaan dana DAK ke dinas kesehatan, sampai pengaruhnya kepada penerimaan kapitasi dari BPJS, ucapnya.


Bagikan artikel ini